FESTIVAL DI JEPANG SAAT MUSIM GUGUR

FESTIVAL DI JEPANG SAAT MUSIM GUGUR

by

Negara Jepang memang Negeri festival. Hampir setiap waktu, setiap musim di Jepang selalu mengadakan festival yang terkait dengan alam dan kehidupan manusia. Pada musim gugur yang berlangsung selama tiga bulan, yaitu bulan September, Pktober, November, pada bulan – bulan tersebut terdapat serangkaian aneka festival seni budaya tradisional Jepang.

Festival – festivalnya bersifat nasional, yang berlangsung dengan corak yang hampir sama., namun ada pula yang bersifat lokal dan sangat populer. Dengan adanya berbagai festival yang diselenggarakan akan mendukung terlestarinya seni tradisional Negara Jepang, karena sebuah festival merupakan hasil dari gotong – royong rakyat setempat yang diikuti dan dinikmati secara beramai – ramai, baik itu masyarakat setempat maupun wisatawan asing yang berkunjung ke Jepang.

  • Festival Tsukimi (Menatap Bulan)

FESTIVAL DI JEPANG SAAT MUSIM GUGUR

Berdasarkan tradisi orang Jepang melihat bulan ada seekor kelinci yang sedang menumbuk dengan alu untuk membuat kue mochi, nah musim gugur merupakan waktu yang sangat tepat untuk melihat bulan purnama, khususnya pada tanggal 25 September dan 23 Oktober ditemani dengan minum sake, menikmati makanan dan keindahan sang bulan. Rumah – rumah juga dihiasi dengan berbagai rumput susuki. Biasanya festival ini berlangsung di seluruh Negara Jepang. Tapi jaman modern ini mungkin tidak banyak orang yang memiliki waktu banyak untuk melakukan hal seperti itu.

  • Festival Takayama

FESTIVAL DI JEPANG SAAT MUSIM GUGUR

Merupakan salah satu festival yang diadakan di Jepang dan merupakan festival terbaik di Jepang. Festival ini sebenarnya hanya diadakan dua kali dalam satu tahunnya yaitu festival Takayama pada musim semi atau sering dikenal dengan sanno matsuri, biasanya diselenggarakan di kuil Shinto hie, dan ada pula festival takayama pada musim gugur atau biasa dikenal dengan festival hachiman matsuri, diadakan di kuil Shinto sakurayama hachiman.

  • Jidai Matsuri

Diadakan di kuil heian kyoto, adalah salah satu festival terbesar yang ada di Kyoto.

  • Tori No Ichi

Merupakan festival sapu penggaruk berhias dalam bahasa Jepang disebut dengan Kumadate yang digambarkan sebagai penggaruk rejeki. Di dekat kuil yang ada Tokyo terutama di kuil Otori di kawasan askusa, terdapat kios yang menjual kumadate, disana ada pembeli dan penjual yang sama – sama ikut bertepuk tangan dengan meriahnya dan secara berirama. Festival ini diadakan pada tanggal 11 dan 23 November di Jepang.

  • Shichi Go San

Pada tanggal 15 november di kuil – kuil seluruh Jepang akan terlihat ramai pengunjung oleh keluarga – keluarga muda dan membawa anak – anak mereka yang berusia antara 3,5 sampai 7 tahun dengan memakai pakaian tradisional yang indah dan menarik. Lalu mereka melakukan doá khusus agar anak – anak mereka akan tumbuh sehat dan memiliki keluarga yang bahagia. Pada upacara ini diadakan untuk anak  laki – laki yang berusia antara 3 sampai 5 tahun, dan juga anak perempuan mereka yang berusia antara 5 sampai 7 tahun.

serunya berkunjung ke festival – festival di Jepang saat musim gugur bersama Keihin Tour.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


PageLines