PESONA 1000 PATUNG DI KUIL SANJUSANGENDO JEPANG

PESONA 1000 PATUNG DI KUIL SANJUSANGENDO JEPANG

by

Kali ini Keihin Tour akan mengulas mengenai wisata sejarah Kuil Sanjusangendo yang merupakan tujuan menarik apabila anda mengikuti Paket Wisata ke Jepang bersama Keihin Tour.  Kuil Sanjusangendo merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Jepang yang berada di Kyoto Timur yang memiliki naman resmi Rengeo –in, atau bisa disebut dengan Hall of The Lotus King. Dengan bangunan kuil utama yang memiliki desain memanjang, akhirnya Rengeo-in lebih populer dengan nama Sanjusangendo. Nama tersebut merujuk pada jumlah ruang yang ada diantara tiang yang berdiri di sekeliling bangunan kuil ini ini, yaitu berjumlah 33 buah, karena secara literal Sanjusangendo memang bisa di terjemahkan dengan hall sepanjang 33.

PESONA 1000 PATUNG DI KUIL SANJUSANGENDO JEPANG 2
Desain tempat ini memang terbilang tempat yang unik, karena jarang sekali ada hall utama pada sebuah kuil yang memiliki bentuk yang sangat memanjang dengan panjang sekitar 120 meter. Hall ini pun tercatat sebagai bangunan yang memiliki struktur kayu terpanjang di Jepang.
Dari sejarahnya, kuil ini termasuk salah satu kuil yang sudah berusia ratusan tahun. Sejarah Sanjusangendo ini sudah di bangun sejak tahun 1164. Konon cerita sejarahnya Taira no Kiyomori membangun kuil ini diatas perintah Kaisar Go-Shirakawa. Namun kemudian kuil ini terjadi kebakaran pada tahun 1249, dan hanya ada hall utama saja yang kemudian dibangun kembali. Sejak saat itu, bangunan kuil ini tidak begitu banyak yang mengalami perubahan sampai saat ini, dan kini Sanjusangendo sudah diakui sebagai National Treasure of Japan.
Kuil ini juga dipercaya sebagai saksi bisu sejarah pertempuran antara samurai legendaris Miyamoto Musashi dan Yoshioka Denshichiro yang terjadi pada tahun 1604, sehingga hal ini cukup menarik perhatian para penggemarnya Musashi untuk berkunjung ke tempat ini.
Sanjusangendo ini dipersembahkan untuk memuja Sahasrabhuja-arya-avalokitesvara, atau dengan nama lainnya adalah Kannon bertangan seribu yang dipuja sebagai Dewi Welas Asih. Jumlah patung Kannon di hall utama ini berjumlah 1000 buah dengan posisi 500 patung Kannon di sebelah kanan dan 500 patung lainnya di sebelah kiri.
500 patung Kannon tersebut disusun dengan desain 10 tingkat dan seluruhnya dibuat seukuran dengan tubuh manusia dengan posisi berdiri. Tak heran memang jika hall utama ini begitu menarik, karena pada saat kita memasuki tempat itu kita akan menyaksikan deretan 1000 patung yang berukuran sama dengan manusia tentu saja hal ini merupakan pemandangan yang menakjubkan bukan.
Jika sudah puas melihat – lihat hall utama, kamu bisa mengelilingi seluruh area kuil ini. Pada bagian luar hall utama terdapat sebuah temizuya, yaitu merupakan tempat untuk membersihkan diri sebelum memasuki area hall utama. Tidak hanya itu saja, kuil ini juga memiliki sebuah taman yang indah dengan danau yang dipenuhi dengan berbagai macam tanaman pada sekelilingnya.
Sebagai penutupnya Sanjusangendo ini terkenal dengan perayaan Toshiya Festival yang merupakan acara perlombaan memanah khas Negara Jepang, dan acara tersebut sudah diselenggarakan lebih dari 400 tahun di Sanjusangendo.
Untuk kamu yang mungkin tertarik untuk mengunjungi tempat ini, datanglah pada hari minggu kedua bulan Januari. Pada saat itu kuil ini mengadakan perlombaan memanah yang sangat meriah.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


PageLines